E Marriage : Menikah Lewat Internet

Pernikahan sesama jenis dilarang di negara bagian Texas, Amerika Serika. Tapi Mark Reed dan Dante Walkup tak kehabisan akal. Kedua lelaki yang sudah 10 tahun hidup bersama itu tak perlu beranjak dari rumahnya di Dallas, Texas, untuk melangsungkan pernikahan. Sebab, pengesahan dan pernikahan mereka dilakukan secara online melalui Skype.


Ya, pernikahan mereka disahkan oleh seseorang yang berjarak ratusan kilometer dari rumah mereka, tepatnya di Washington DC. Nikah seperti ini dikenal sebagai e-marriage. Cara ini lazim dipakai bila salah satu pasangan pengantin berhalangan hadir, seperti sedang tugas militer atau lainnya.

Meski Reed dan Walkup menikah di Dallas, tapi mereka tetap harus terlebih dahulu datang ke Washington untuk memesan semacam surat izin menikah. Mereka ingin pernikahan disaksikan langsung oleh keluarga. Oleh karena itu mereka harus rela pergi ke Washington untuk mendapatkan surat izin tersebut dan kembali ke Dallas.

“Alasan kami melakukan penikahan melalui e-marriage karena kami ingin menikah di sini di Dallas di antara keluarga dan teman-teman. Mereka sangat penting bagi kami,” ujar Reed. Mereka merayakan pernikahan di W Hotel di Dallas.

Aktivis pernikahan setara, Shella Alexander Reid, mengesahkan pernikahan tersebut di ruang yang hampir sama di W Hotel di Washington. Pasangan ini tak ingin melawan ketentuan negara bagian Texas yang melarang pernikahan sejenis. Dan untungnya belum ada pula undang-undang yang melarang pernikahan melalui dunia maya atau e-marriage ini.



Bagikan di Facebook

0 comments:

Post a Comment