Solo Car Free Night Malam Tahun Baru 2012


 Ada yang berbeda saat pergantian tahun baru di Solo nanti. Walikota Solo, Joko Widodo mengeluarkan kebijakan baru yaitu car free night pada malam pergantian tahun baru di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Pada car free night tersebut juga akan digelar kirab karnaval serta pementasan kesenian tradisional di sejumlah titik di jalan protokol tersebut. Jokowi, mengajak kepada warga masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan pada malam tahun baru.


“Jika kita melihat bertahun-tahun setiap perayaan malam tahun baru hanya naik kendaraan greng..greng..greng..keluar asap dan tidak ada tontonan. Ini jelas tidak ada nilainya,” kata dia kepada Okezone, Rabu,( 21/12/2011).

Oleh sebab itu, Jokowi pun ingin mengubah suasana tersebut lebih bernilai, yakni dengan menggelar car free night yang mana warga masyarakat bisa berjalan-jalan maupun bersepeda dengan bebas pada malam tahun baru.

“jadi kita bisa merasakan kenyamanan kota di malam hari,” ujarnya.

Bahkan, untuk memanjakan para pejalan kaki tersebut, Jokowi mengatakan akan menggelar karnaval malam tahun baru.

Tak hanya itu, di sejumlah titik Jalan Slamet Riyadi juga akan dipentaskan kesenian tradisional, seperti musik keroncong, wayang, reog dan lain sebagainya.

“Nanti kesenian-kesenian tradisional yang ada di kampung-kampung akan ikut dipentaskan di Solo Car Free Night,” terang dia.

Lebih lanjut Walikota Solo menyebutkan bahwa car free night yang akan digelar mulai pukul 20.30 WIB hingga malam pergantian tahun nanti, merupakan yang pertaman kali digelar di Indonesia.

“Ini klaim pertama kali yang ada di Indonesia, semoga tidak ada yang ndisiki (mendahului),” kata dia dengan nada bercanda.

Untuk mendukung suksesnya gebrakan perdana tahun baru tanpa asap kendaraan, Pemkot Solo menyediakan 14 kantong parkir pada ruas jalan yang menghubungkan ke ruas jalan utama kota Solo.



Bagikan di Facebook

0 comments:

Post a Comment