Makanan Untuk yang Melakukan Diet


DIET tak berarti harus berlapar-lapar. Mengonsumsi makanan tertentu justru bisa membantu menurunkan berat badan. Para ahli diet mengatakan, untuk menurunkan berat badan, perlu komitmen. Pola hidup sehat dan teratur berolahraga juga tidak hanya bisa membuang berat badan ekstra, tapi membuat tubuh lebih segar dan awet muda. Namun, bagi sebagian orang, mengekang nafsu makan adalah hal yang berat dan bisa jadi malah berujung pada fenomena berat badan.

Diet tidak harus dengan terapi inframerah maupun pijat penghancur lemak, melainkan dengan makan beberapa makanan di bawah ini juga ampuh membuat lingkar pinggang semakin ramping. Makanan tersebut antara lain:
Apel

Buah dan sayur-sayuran pada umumnya merupakan jenis makanan yang mengenyangkan karena mengandung banyak air dan serat. Namun, para peneliti ADA menyebutkan bahwa apel lebih ampuh sebagai makanan diet. Apel saat dicerna akan memproduksi hormon GLP-1 yang secara langsung memberi sinyal ke otak bahwa lambung telah “penuh”. Selain itu, hasil penelitian ADA menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi apel sebelum makan, bisa mengurangi asupan kalori hingga 15 persen dibandingkan mereka yang tidak.

“Saat ingin mengemil, lebih baik singkirkan segala macam biskuit ataupun keripik, dan bergantilah ke apel. Selain lebih sehat, apel juga membuat cepat kenyang sehingga porsi makan otomatis berkurang,” tutur Sandon.

Cacai Merah
 
Bagi beberapa orang, makan tanpa sambal terasa hambar. Ternyata, selain menambah cita rasa,cabai merah juga bisa membantu mengurangi berat badan. “Menambahkan setengah sendok teh cabai bubuk dalam makanan bisa membantu mengurangi porsi,” sebut Sandon.

Porsi yang berkurang tersebut karena adanya zat capcaisin dalam cabai yang selain bertanggung jawab terhadap rasa pedas, juga memiliki kemampuan mengurangi nafsu makan berlebih. “Selain membuat kenyang, cabai juga bisa meningkatkan energi sehingga tubuh lebih segar,” kata Sandon, yang diperkuat hasil penelitian dari Purdue University di Indiana.

Rumput Laut
 
Tidak hanya bergizi tinggi, rumput laut juga bisa membantu mengontrol berat badan sehingga tubuh tetap langsing. Penelitian yang dilakukan di Belanda menyebutkan bahwa dengan menambahkan bubuk agar-agar atau rumput laut saat memasak nasi atau ke dalam minuman, bisa mengurangi rasa lapar hingga 30 persen.

“Saat dikonsumsi, agaragar akan membentuk gel di dalam lambung sehingga membuatnya terasa penuh. Dengan begitu, nafsu makan lebih bisa dikontrol,” kata Sandon.

Teh Hijau
 
Dalam jurnal Clinical Nutrition dari American Journal disebutkan bahwa teh hijau mengandung katekin yang bisa menstimulasi tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dibandingkan jenis teh lainnya. Meminum tiga hingga enam cangkir teh hijau per hari bisa mempercepat pembakaran kalori hingga 40 persen, sekaligus membantu tubuh membakar lebih banyak lemak.

“Hal tersebut terjadi karena adanya kombinasi kafein dan flavonoid yang terkandung dalam teh, baik saat disajikan panas maupun dingin. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dipercaya memberikan efek bagaikan hormon leptin, yakni mengurangi nafsu makan,” tulis American Journal.

Telur

ADA menyarankan untuk mengonsumsi telur saat sarapan karena telur mengandung tingkat protein kedua tertinggi setelah air susu ibu. “Dengan mengonsumsi telur saat sarapan, tubuh mendapat asupan protein yang cukup untuk bekerja,” kata Sandon.

Penelitian lain yang dipublikasikan di Journal of the American College of Nutrition menyebutkan bahwa menyantap dua telur saat sarapan bisa mengurangi asupan kalori dalam satu hari.

Lemon

Selain mengandung vitamin C dosis tinggi yang bagus untuk kulit, lemon juga mengandung pektin, serat alami yang bisa mengurangi timbunan lemak dalam tubuh serta memperlambat proses pencernaan sehingga perut merasa kenyang lebih lama.

Penelitian yang dilakukan ADA juga mengungkapkan bahwa kandungan asam dan pektin dalam lemon bisa memperlambat penyerapan gula yang dalam praktiknya bisa mengurangi keinginan untuk ngemil.

“Vitamin C dalam lemon juga membantu tubuh memproduksi karnitin, asam amino yang menstimulasi tubuh untuk membakar lemak lebih cepat,” kata Sandon. Penelitian ADA juga menyebutkan bahwa sukarelawan yang mengonsumsi cukup vitamin C dalam menu kesehariannya bisa membakar lemak 30 persen lebih banyak saat berolahraga.

Minum cukup air
 
Mengonsumsi cukup air bisa membantu tubuh membuang racun. Namun, tidak hanya itu, air juga membuat perut lebih kenyang sehingga bisa membantu menekan nafsu makan. Sebuah studi yang dilakukan pada 2010 menyebutkan bahwa dengan meminum segelas air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan.

Bawang Putih

Menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan menambahkan bawang putih sebagai bumbu dasar masakan. Hal tersebut karena bawang putih mengandung allicin yang bisa membantu mengontrol nafsu makan.

“Aroma bawang putih yang menyengat yang dihasilkan allicin juga membantu dalam menurunkan nafsu makan sehingga lapar tidak terasa terlalu menggigit,” kata Sandon, yang juga menjelaskan bahwa aroma allicin akan meningkatkan adrenalin tubuh yang kemudian menstimulasi metabolisme untuk bekerja lebih cepat.

Kayu Manis

Tidak banyak yang tahu, tapi dengan menambahkan sejumput kayu manis pada kopi ataupun makanan penutup lainnya, bisa membantu tubuh mengurangi produksi insulin. American Journal of Clinical Nutrition menuliskan bahwa insulin merupakan hormon yang bertanggung jawab mengubah kelebihan gula dalam darah menjadi lemak.

Dengan adanya kayu manis yang mengurangi produksi insulin, berarti tidak banyak lemak terbentuk, yang juga berarti tidak terjadi lonjakan berat badan akibat penumpukan lemak. “Dengan menambahkan kayu manis, juga bisa menghindarkan dari bahaya diabetes,” ucap Sandon.



Bagikan di Facebook

0 comments:

Post a Comment