Manfaat Puasa Bagi Kesehatan



Puasa merupakan kewajiban untuk umat Muslim, namun pada dasarnya masih banyak manfaat yang  bisa diperoleh  dari berpuasa. Puasa bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes, dan juga kadar kolesterol dalam darah.
Dari beberapa riset yang dibuat oleh lembaga kesehatan dunia, puasa juga bisa menurunkan resiko faktor serangan stroke, seperti tingginya trigliserida, berat badan serta tingkat gula darah.

Sebuah riset yang dipimpin oleh Dr. Benjamin D. Horne, PhD dari Intermountain Medical Center Heart Institute, merekam reaksi biologis tubuh selama berpuasa. “Puasa menimbulkan rasa lapar atau stress pada tubuh. Respon tubuh adalah dengan melepaskan banyak kolesterol, agar bisa mempergunakan lemak yang tersimpan sebagai bahan bakar, sebagai pengganti glukosa. Hal tersebut menurunkan jumlah sel lemak pada tubuh,” jelas Dr. Horne. “Dan semakin sedikit lemak yang dimiliki tubuh, akan memperkecil kemungkinan diabetes atau kebutuhan insulin.”
Riset tersebut juga sebagai konfirmasi tentang riset efek puasa pada hormon pertumbuhan manusia atau HGH, sebuah protein metabolism. HGH bekerja untuk melindungi otot dan keseimbangan metabolisme, reaksi yang timbul dari berpuasa. Selama puasa, HGH bertambah sekitar 1.300 persen pada perempuan dan hampir 2.000 persen pada laki-laki.
Jadi, Selamat berpuasa!



Bagikan di Facebook

0 comments:

Post a Comment