Kota Tertua di Pulau Jawa


Taukah anda apa nama kota tertua di Pulau Jawa?

Kota tersebut adalah Salatiga. Pada tanggal 24 Juli 2011 kemarin kota ini baru saja merayakan hari jadinya yang ke-1261.Penetapan hari jadi Kota Salatiga didasarkan dari sumber historis Prasasti Plumpungan. Prasasti yang terbuat dari batu andesit ini menyebutkan bahwa kawasan tersebut (yaitu Desa Hampran) dinyatakan sebagai tanah perdikan atau swatantra yang bebas dari kewajiban membayar pajak.


Biasanya, kawasan yang diberi status tanah perdikan disebabkan jasa besar yang dilakukan penduduk kawasan tersebut terhadap penguasa (dalam prasasti disebutkan seorang raja bernama Bhanu). Untuk mengabadikan peristiwa itu maka raja menulis dalam Prasasti Plumpungan Srir Astu Swasti Prajabhyah, yang artinya: "Semoga Bahagia, Selamatlah Rakyat Sekalian". Ditulis pada hari Jumat, tanggal 24 Juli tahun 750 Masehi.

Sedangkan nama Salatiga berasal dari nama "Trisala". Nama "Trisala" sendiri merujuk pada sistem kepercayaan masyarakat setempat yang menyembah Dewi Trisala. Dari nama "Trisala" (Tri=Tiga) inilah muncul nama "Salatri" dan akhirnya muncul nama "Salatiga".



Bagikan di Facebook

0 comments:

Post a Comment