Desa Tertinggi di Pulau Jawa

Taukah anda desa tertinggi di pulau jawa?. Jawabanya adalah desa Sembungan, yang terletak di kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa Sembungan  merupakan desa tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian 2302 sampai 2400 meter diatas permukaan laut. Desa Sembungan  tersebut terletak di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng dengan kondisi geografis berbukit-bukit dan lahan pertaniannya bertingkat-tingkat atau terasering hal ini bertujuan agar lahan yang kemiringannya sangat ekstrim tersebut dapat digunakan  untuk menanam tanaman sayur mayur seperti kentang dsb. Desa  Sebungan tersebut laksana Machu Picchu yakni sebuah lokasi reruntuhan suku Inca yang terdapat di lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.

 
Suhu rata-rata desa Sembungan dapat mencapai 15o C, bahkan di waktu-waktu tertentu sekitar bulan Juli-Agustus pada musim kemarau suhu di desa Sembungan dapat mencapai minus oC pada pagi hari dimana embun bisa berubah menjadi butiran es atau masyarakat wonosobo menyebutnya Bun Upas. Embun beku tersebut dinamakan demikian karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian. Di desa Sembungan obyek wisata terdekat adalah Telaga Cebong. Telaga Cebong selaian untuk pariwisata, juga di manfaatkan masyarakat setempat untuk pengairan lahan pertanian.


Dibalik itu semua Sembungan menyimpan segudang pesona alam luar biasa, mulai dari golden sunrise, telaga dan juga kebun carica. Satu hal yang tidak dapat di jumpai di tempat lain, Pengunjung dapat merasakan naik perahu seperti dipuncak gunung dan disini Sembungan memilikinya.

Data Desa
Provinsi : Jawa Tengah
Kabupaten : Wonosobo
Kecamatan : Kejajar
Kepala Desa : H. Mukhozin
Luas : 2,65 km2
Jumlah Penduduk : kurang lebih 1.400 jiwa



Bagikan di Facebook

0 comments:

Post a Comment