Sejuta Wisata di Wonosobo




Agro Wisata Tambi. Terhampar luas di lereng gunung sindoro, dengan ketinggian 1.200 – 2000 m diatas permukaan laut. Suhu udara rata-rata minimal 15 º C dan suhu maksimal 24 º C. PT. Tambi mengelola 3 unit perkebunan yang terletak di Bedakah, Tanjungsari, Desa Tambi dengan luas 829 hektar yang dilengkapi fasilitas pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tennis, taman bermain, kebun dan parik teh.Pengunjung akan diajak berkeliling menelusuri jalan kebun teh, berolahraga sambil menikmati pemandangan, juga mendapat penjelasan mengenai agronomi, pengolahan dan pemasaran. Bagi pengunjung yang ingin bermalam juga disediakan pondok wisata dengan fasilitas yang cukup memuaskan.

Candi – Candi Hindu. Berdasarkan temuan Prasasti Situs Dieng diperkirakan dibangun abad VII – XIII Masehi. Sebagai kebaktian kepada Dewa Syiwa dan Sakti Syiwa ( istri Syiwa ). Dilihat dari 21 bangunan, situs Dieng dibagi menjadi 5 kelompok. Empat kelompok merupakan bangunan ceremonial Site ( tempat pemujaan ) yaitu :
-          Kelompok Candi Arjuna ( Pendawa 5 )
-          Kelompok Candi Gatut Kaca
-          Kelompok Candi Bhima
-          Kelompok Candi Dwarawati / Parikesit
-          Kelompok Candi Magersari
Dan kelompok kelima adalah bangunan tempat tinggal Setlement Site. 

Gardu Pandang Tieng. Sebelum sampai di Dataran Tinggi Dieng, sejenak kita dapat melepas lelah di Gardu Pandang Tieng, dengan ketinggian 1800 m diatas permukaan laut, dari atas gardu pandang dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, dan dipagi hari dapat pula melihat matahari terbit dengan cahaya keemasan atau dengan istilah “Golden Sun Rise” di pagi hari dan perjalanan dapat dilanjutkan menuju Dataran Tinggi Dieng untuk menyaksikan terbitnya matahari yang kedua dengan cahaya yang keperak-perakan (Silver Sunrise)

Telaga Warna. Ini adalah salah satu objek wisata di kawasan Dieng Wonosobo bernama telaga warna. Warna telaga yang mempunyai kandungan sulfur tinggi ini bisa berubah dari hijau, kuning atau biru. pengunjung juga bisa menyusuri telaga dari bawah, karena pengelola menyediakan balkon kecil untuk para wisatawan.

Dieng Plateu Theatre. Pusat Interpretasi potensi alam dan budaya kawasan Dataran Tinggi Dieng yang di beri nama Dieng Plateu Theatre (DPT) dibangun atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah H. Mardiyanto diharapkan wahana wisata tersebut dapat menjadi magnit yang kuat untuk mengembangkan pariwisata di Propinsi Jawa Tengah. Dieng Plateu Theatre sebagai sarana edukasil, cultural pengenalan potensi wisata serta hiburan, dilengkapi dengan seperangkat peralatan audio visual (film) dan tempat duduk pengunjung berkapasitas seratus buah kursi. Terletak dilereng Bukit Sikendil di atas Taman Wisata Alam Telaga Warna Desa Dieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo.

Telaga Menjer. Merupakan telaga alam terluas di Kabupaten Wonosobo. Berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut, dengan luas 70 Ha dan kedalaman 45 meter. Telaga Menjer terletak didesa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo 12 km sebelah utara kota Wonosobo.

Waduk Wadaslintang. Waduk ini terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kebumen. Keindahan waduk ini dapat dinikmati diatas bukit batu melalui bangunan gardu pandang. Selain disediakannya ikan yang cukup banyak sedikit jenis reptile seperti biawak yang sering muncul dipermukaan air waduk yang jernih.

Telaga Bedakah. Telaga ini terletak didesa Bedakah sebelah timur laut kota Wonosobo, dilereng Sindoro. Selain telaga juga terdapat Gua Angin yang selalu mengeluarkan angina dan Gua Lawa yang merupakan tempat berlindungnya kelelawar.

Kawah Sikidang. Kawah ini bertabiat seperti anak kijang yang suka berjingkrak-jingkrak dan berputar-putar serta berpindah-pindah.

Kawah Sileri. Adalah telaga air panas yang cukup luas dan menunjukan gejala aktivitas Vulkanis, airnya bagai air cucian beras ( Leri – Jawa ).

Tuk Bhimalukar. Merupakan sebuah mata air dengan pancuran yang terbuat dari batu Purba. Nama Bhimalukar dimaksudkan dimana ditempat ini sang mata air sungai Serayu ini diyakini sebagai air awet muda.

Gua Batu Lubang Sewu. Merupakan gua alam yang berbatu pada jaman penjajahan Belanda dijadikan tempat persembunyian dan mampu menampung 1000 orang.

Kebun Karang Gantung. Terletak di Kelurahan Selomerto, lebih kurang 6 km dari sebelah selatan kota Wonosobo, Kebun Karang Gantung adalah  Kebun Bambu yang cukup luas dengan latar belakang Batu Tua yang sangat unik dan dikenal dengan nama Watu Tedeng.

Watu Tedeng. Merupakan Tebing batu sepanjang ± 450 m dengan ketinggian ± 25 m disamping itu juga terdapat 3 gua yang sering digunakan orang untuk melakukan meditasi. Menurut cerita gua yang terletak paling atas untuk mereka yang ingin sakti, Gua yang kedua ( tengah ) untuk mendapatkan jabatan tertentu dan Gua yang ketiga ( pojok sebelah barat ) untuk mereka yang ingin kekayaan.
Disamping obyek wisata yang sudah dikenal luas itu, masih terdapat obyek wisata lain yang tak kalah menarik. Namun demikian obyek wisata ini belum banyak diketahui.
No
Obyek Wisata
1
Telaga Cebong di Desa Sembungan Kec. Kejajar ( 30 Km dari Wonosobo )
2
Gunung Si Kunir Desa Tieng Kec. Kejajar ( 20 Km dari Wonosobo )
3
Air Terjun Si Karim yang terletak di desa Mlandi Kec Garung ( 20
Km sebelah utara Wonosobo )
4
Sendang Sorodilogo di Pagerejo Kec. Kertek
6
Air Terjun Wonojoyo yang terletak di desa Bomerto Kec Wonosobo ( 9 Km dari arah Kota Wonosobo ) dengan bumi perkemahan yang indah.
7
Candi Bongkotan di desa Bojasari Kec. Kertek ( 12 Km Tenggara kota Wonosobo )
9
Wisata Gunung Kelir di desa Kupangan Kec. Sokoharjo ( 18 Km arah barat daya kota Wonosobo ) dengan keindahan matahari terbenam yang sangat menawan
10
Curug Winong di Desa Winongsari ( 20 Km arah selatan kota Wonosobo ) dengan bumi perkemahan yang sangat indah dan nyaman
11
Hutan Wisata Patarana dengan air terjun yang sangat tinggi dan indah ( 23 Km arah Timur kota Wonosobo ), juga terdapat agro wisata dengan tanaman langka
12
Wana Wisata Ngebrak desa Warangan Kec. Kepil ( arah 27 Km arah kota Wonosobo ) terdapatnya Balai Desa Kuno dengan jalan setapak yang sangat indah serta bumi perkemahan
13
Grojogan Si Curug Dumajaran di Desa Beran Kec. Kepil ( 21 Km arah kota Wonosobo ) dengan air terjun yang sangat indah
14
Agro Wisat Tanjungsari Desa Sedayu Kec. Sapuran ( 17 Km arah kota Wonosobo ) dengan kawasan pabrik teh yang sangat indah dan banyak terdapat tempat bersejarah
15
Gunung Gumantung Desa Dempel Kec Sapuran ( 23 Km arah kota Wonosobo ), sangat tepat untuk wisata panjat tebing dengan jalan setapak berliku serta untuk tempat peristirahatan yang nyaman
16
Rumah adat di Desa Kalidadap Kec. Wadaslintang ( dekat dengan Waduk Wadaslintang )
17
Pendakian gunung Sumbing dan Sindoro



Bagikan di Facebook

0 comments:

Post a Comment